Senin, 17 Februari 2014

Daftar Maskapai Penerbangan Terbaik Indonesia

Maskapai penerbangan masih menjadi pilihan terbaik bagi para traveler untuk berpergian jarak jauh. Ini terlihat makin padatnya jadwal penerbangan setiap kota yang dilayani oleh oleh setiap maskapai. Karena tingkat kepadatan inilah yang akhirnya mempengaruhi ketepatan waktu mendarat masing-masing pesawat. Keterlambatan yang sering dilakukan akan berpengaruh terhadap citra pelayanan masing-masing maskapai penerbangan.
Dan jika dilihat dari ketepatan waktu tersebut, Kementerian Perhubungan (Kemenhub) telah merilis daftar maskapai penerbangan terbaik untuk periode Januari berdasarkan ketepatan waktu (On top performance) serta pelayanan yang prima. Yang dinilai dalam hal ini ada 3 indikator yaitu faktor teknis operasional (TO) seperti terjadinya antrean pesawat saat take off dan landing atau keterlambatan pengisian bahan bakar, kemudian faktor non teknis (NTO) seperti keterlambatan kehadiran pilot atau penanganan pesawat saat di udara. Terakhir karena ada faktor cuaca (CUA). Dalam enam bulan pertama tahun ini Kemenhub sudah mengeluarkan daftar 9 maskapai penerbangan terbaik dengan nilai rata-rata on top performance (OTP) di atas 70%.
Berikut adalah daftar maskapai penerbangan terbaik indonesia menurut Kemenhub :
1. Garuda Indonesia (87,24%)
2. Batik Air (83%)
3. Tigerair Mandala (81,76%)
4. Sriwijaya Air (80,34%)
5. Wings Air (79,38%)
6. Citilink (77,8%)
7. Lion Air (75,8%)
8. AirAsia Indonesia (74,78%)
9. Merpati (70,46%)
Terlihat dari daftar di atas, Garuda Indonesia menjadi maskapai penerbangan di Indonesia dengan nilai OTP sebesar 87,24% diikuti oleh Batik Air serta Tigerair Mandala, diposisi 2 dan 3. Yang menarik adalah bercokolnya Batik Air di posisi kedua, meskipun tergolong maskapai penerbangan baru di Indonesia namun maskapai dengan corak batik khas indonesia mapu memberikan pelayanan yang prima mengalahkan beberapa maskapai-maskapai yang lebih dulu hadir di Indonesia.
Semoga dengan dirilisnya daftar maskapai penerbangan terbaik di Indonesia ini membuat pihak maskapai berlomba-lomba menjadi yang terbaik dalam hal ketepatan waktu maupun pelayanan yang terbaik bagi para penumpangnya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar