Kamis, 20 Februari 2014

Singapore Airlines



 
Demikianlah jargon Singapore Airlines, sebuah maskapai penerbangan Asia paling mapan masa kini asal negeri merlion, Singapura. Singapore Airlines (SIA) merupakan maskapai penerbangan nasional negara tersebut yang berpusat di bandara internasional Changi.“The World’s Most Awarded Airlines
Jargon itu tercipta bukan tanpa alasan. Berbagai penghargaan telah mereka terima untuk berbagai jenis jasa pelayanan penerbangan yang telah diberikan, salah satunya kenyamanan dan penyediaan makanan semua kelas penerbangan. Bahkan, majalah Forbes mencantumkan Singapore Airlines sebagai peringkat utama dari sebelas transportasi paling nyaman yang ditawarkan penyedia jasa transportasi dunia.
Singapore girls adalah sebutan untuk para pramugari SIA, juga menjadi salah satu brand-image penerbangan tersebut. Dengan mengenakan seragam jenis kain batik Malaysia rancangan Pierre Balmain sejak 1968, eksistensi para pramugari tersebut bahkan menjadi ikon penting untuk maskapai penerbangan Singapore Airlines.
Satu lagi ikon penting untuk Singapore Airlines, yaitu logo burung yang menghiasi bagian ekor pesawat. Pada 1972, logo tersebut telah diubah seperti yang dikenal sekarang ini.

Tujuan Penerbangan Singapore Airlines

“The World’s Most Awarded Airlines”
Singapore Airlinesmelayani 61 tujuan penerbangan dari dan ke Singapura yang terdapat di 35 negara serta 5 benua. Penerbangan ini memiliki basis yang mapan untuk pelayanan penerbangan di Asia Tenggara; memimpin semua maskapai penerbangan lainnya yang berada pada rute perjalanan di Asia Tenggara. Selain itu, Singapore Airlines juga memiliki peranan penting untuk jalur penerbangan ke benua Australia.
Singapore Airlines telah melakukan kerja sama untuk operasional dan pemasaran (codeshare) dengan berbagai maskapai penerbangan lain, di antaranya dengan Emirates, Silk Air, Garuda Indonesia, Malaysia Airlines, dan Virgin Atlantic Airways.
Baru-baru ini, sekitar awal Mei 2010, Singapore Airlines juga melakukan codeshare dengan maskapai penerbangan Spanyol, Spanair, untuk layanan penerbangan ke tiga kota besar penting di Spanyol, yaitu Madrid, Palma Mallorca, dan Bilbao. Layanan penerbangan tersebut mengantarkan konsumen Singapore Airlines menuju Barcelona, kemudian dilanjutkan menuju Madrid, Palma Mallorca, atau Bilbao menggunakan Spanair.
Sebaliknya, hal yang sama juga berlaku untuk para konsumen dari Spanyol menuju Singapura. Dari tiga kota tersebut dilayani oleh Spanair menuju Barcelona, kemudian dilanjutkan oleh Singapore Airlines menuju Singapura.

Bandar Udara Tujuan Singapore Airlines

Asia Tenggara

1. Brunei: Bandar Seri Begawan (Brunei International Airport)
2. Indonesia
  • Denpasar (Ngurah Rai Airport)
  • Jakarta (Soekarno-Hatta International Airport)
  • Surabaya (Juanda Airport) - jalur ini diambil alih Silkair mulai 30 Oktober 2005
3. Malaysia
  • Kuala Lumpur (Kuala Lumpur International Airport)
  • Penang (Bayan Lepas International Airport)
4. Filipina: Manila (Ninoy Aquino International Airport)
5. Singapura: Singapura (Singapore Changi Airport), Home Base
6. Thailand: Bangkok (Bangkok International Airport)
7. Vietnam
  • Hanoi (Noibai Airport)
  • Ho Chi Minh City (Ho Chi Minh International Airport)
Eropa
Bandara
Denmark: Kopenhagen (Copenhagen Airport)
Perancis: Paris (Charles de Gaulle International Airport)
Jerman: Frankfurt am Main (Frankfurt International Airport)
Yunani: Athena (Eleftherios Venizelos International Airport)
Italia: Roma (Leonardo Da Vinci International Airport)
Belanda: Amsterdam (Schiphol Airport)
Swiss: Zurich (Bandar Udara Internasional Zürich)
Britania Raya: London (London Heathrow Airport) dan Manchester (Manchester International Airport)

Sejarah Singapore Airlines

Pemimpin SIA
Tampuk kepemimpinan Singapore Airlines telah berganti-ganti sejak 1972 dipegang oleh J.Y. Pillay.

Chew Choon Seng, kepala eksekutif korporat (CEO) Singapore Airlines saat ini, akan mengakhiri masa jabatannya pada akhir Desember tahun ini. Ia akan digantikan oleh Goh Choon Pong (47 tahun) yang akan resmi menjadi CEO pada awal Januari 2011.

Sebagai seorang lulusan dari Massachussets Institute of Technology (MIT), Goh Choon Pong telah menduduki berbagai jabatan penting di Singapore Airlines.

Jabatan terakhir yang dipegang olehnya adalah sebagai Executive Vice President for Marketing and the Regions.
Sejarah maskapai penerbangan Singapore Airlines bermula pada 1937. Ketika itu, terdapat perserikatan antara Ocean Steamship Company of LiverpoolOcean Steamship Company of Singapore, danImperial Airways.
Ketiganya membentuk sebuah maskapai penerbangan yang dikenal dengan Malayan Airlines (MAL) pada 12 Oktober 1937. Saat itu, maskapai tersebut hanya melayani pesawat carteran dari Singapura menuju Kuala Lumpur.
Selanjutnya, layanan MAL berkembang, diawali dengan dibukanya layanan penerbangan rutin menuju tiga kota di Malaysia, yaitu Kuala Lumpur, Ipoh, dan Penang pada 1947.
Kemudian, terjadi perpecahan akibat masalah politik sehingga terbentuklah dua maskapai penerbangan independen Singapore Airlines dan Malaysian Airlines System. Singapore Airlines memperoleh hak untuk melayani penerbangan penting internasional dan juga markas besar MAL sebelumnya. Selain itu, ikon seragam batik para pramugari juga dipertahankan untuk dipakai oleh para pramugari Singapore Airlines.

Kelas Penerbangan Singapor Airlines

Singapore Airlines membagi setiap penerbangannya menjadi tiga jenis kelas, yaitu kelas ekonomi (economy class), bisnis (business class), dan kelas utama (first class). Untuk setiap kelas, tersedia layanan sebagai berikut.
Kelas ekonomi.
Dalam kelas ini, untuk setiap penumpang disediakan makanan sesuai tujuan, layar monitor televisi, sandaran kaki, kursi yang dapat diubah posisinya (reclining-seat), yang dilengkapi juga oleh sandaran kepala.
Kelas bisnis.
Kelebihan dalam kelas ini, untuk setiap penumpang tersedia kursi yang dapat dibentuk menjadi tempat tidur dalam posisi diagonal ketika digunakan. Selain itu, tentunya disediakan pula makanan sesuai pesanan penumpang.
Kelas utama.
Kelas ini tentunya mempunyai kelebihan paling utama dibanding dengan dua kelas lainnya. Selain layanan pribadi yang istimewa, pada kelas ini terdapat kursi-kursi istimewa berlapis kayu mahoni dan kulit pilihan. Kursi-kursi tersebut dilengkapi dengan layar LCD dan dapat dibentuk menjadi tempat tidur yang panjangnya hampir mencapai 2 meter. Makanan pada kelas ini disediakan sesuai dengan pesanan.
Tentunya, tidak murah untuk merasakan layanan penerbangan Singapore Airlines. Apalagi saat ini marak terdapat jasa penerbangan low fare, yang juga telah banyak melayani penerbangan ke berbagai tujuan di dunia. Akan tetapi, jika pilihan jatuh pada kenyamanan dan prestise, berapa pun harganya orang tidak akan peduli lagi. Tidak heran pilihan akan jatuh pada Singapore Airlines, yang membuatnya semakin besar dan besar sebagai sebuah maskapai penerbangan mapan di Asia.

Akses Internet di Pesawat Singapore Airlines

Singapore Airlines sudah menandatangani kontrak dengan OnAir NV untuk kerja sama pemasangan jaringan Wi-Fi di dalam kabin pesawat.

Dengan begitu, para penumpang pesawat Singpore Airlines dapat mengakses internet selama di perjalanan.

Fasilitas lainnya yaitu pemasangan BTS khusus sehingga penumpang pun dapat melakukan panggilan telepon dengan handphone.
Akses internet di dalam pesawat bisa dikatakan bukan hal yang baru. Ada kabar baik bagi Anda pelanggan Singapore Airlines, layanan internet bisa digunakan di pesawat Singapore Airlines.

Menurut juru bicara Singapore Airlines, program ini tidak bertujuan untuk meningkatkan pendapatan Singapore Airlines. Kehadiran layanan ini, membuat penumpang dapat menggunakan laptop, ponsel, dan smartphoneselama dalam penerbangan.

Saat ini, layanan internet dan handphone di pesawat memang tidak diperbolehkan karena bisa mengganggu sinyal frekuensi penerbangan. Dengan adanya kemajuan teknologi, masalah ini dapat diatasi dan dapat dipakai di beberapa jenis pesawat.
Layanan ini mulai disediakan oleh Singpore Airlines pada 2011 di pesawat jenis Airbus A340-500s,A380s, dan Boeing 777-300 ER. Layanan terbaru ini membuat Singapore Airlines menjadi maskapai penerbangan utama dan pertama di Asia yang menghadirkan konekvitas internet di udara.

Penerbangan Singapore Airlines

Singapura merupakan negara di kawasan Asia Tenggara yang sering dikunjungi oleh para wisatawan dari luar negeri. Jika Anda ingin berwisata ke Singapura, Singapore Airlines siap melayani perjalanan Anda dengan kenyamanan dan keramahannya.
Singapore Airlines merupakan maskapai penerbangan nasional Singapura. Maskapai Penerbangan Singapore Airlines merupakan salah satu maskapai terbaik dan tersukses di kawasan Asia. Singapore Airlines melayani rute penerbangan menuju Eropa, Asia, Amerika Utara, dan Australia. Dan pada 2011 ini, Singapore Airlines akan membuka rute penerbangan baru menuju Brasil. Rute penerbangan ini merupakan rute penerbangan langsung dari Asia Tenggara menuju Brasil. Rencananya, rute ini akan mulai beroperasi pada Maret 2011.
Singapore Airlines
Maskapai Singapore Airlines mulai berkembang pesat pada 1970. Saat itu, maskapai negara patung singa itu menghadirkan pesawat model Boeing 747 untuk memperkuat armadanya. Dan pada 1980, jalur penerbangan menuju Amerika Serikat, Kanada, dan Eropa mulai dilayani oleh Singapore Airlines.
Pada 2004, maskapai nasional Singapura ini membuka perjalanan langsung dari Singapura menuju Los Angeles dan New York, Amerika Serikat. Singapore Airlines pun sudah mempromosikan diri sebagai maskapai pertama yang menggunakan pesawat tipe Airbus A380. Aibus 380 ini digunakan pada akhir 2006 untuk melayani penerbangan menuju London dan Sydney.
Singapore Girls
Setiap maskapai penerbangan pasti mempunyai pramugari yang sangat menawan. Ya, Singapore Airlines pun mempunyai pramugari yang dikenal dengan sebutan Singapore Girls. Pramugari Singapores Airlines ini mempunyai ciri khusus, yaitu menggunakan baju kebaya.
 Berikut ini rute penerbangan yang dilayani oleh Singapore Airlines.
  • Afrika: Mesir (Kairo) via Dubai, Afrika Selatan (Cape Town dan Johannesburg).
  • Asia Timur: China (Beijing, Guangzhou, Shanghai, Hongkong), Jepang (Fukuoka, Nagoya, Osaka, dan Tokyo), Korea Selatan.
  • Asia Selatan: Bangladesh, India (Mumbai, New Delhi), Maladewa, Sri Langka.
  • Asia Tenggara: Brunei Darussalam, Indonesia (Jakarta, Bali, Surabaya), Malaysia, Singapura, Thailand, Vietnam.
  • Asia Barat: Arab Saudi, Turki, Uni Emirat Arab.
  • Eropa: Denmark, Prancis, Jerman, Italia, Belanda, Swiss, Inggris
  • Amerika Utara: Amerika Serikat (New York, Los Angeles, San Fransisco).
  • Oceania: Australia (Adelaide, Brisbane, Melbourne, Perth, Sydney) dan Selandia Baru.
Untuk menunjang kelangsungan rute penerbangan, Singapore Airlines menyediakan armada yang sangat mumpuni, yaitu:
  • 7 Airbus A 330-300
  • 6 Airbus A 380-800
  • 5 Airbus A 340-500
  • 9 Boeing B 747-400
  • 45 Boeing B 777-200ER
  • 19 Boeing B 777-300ER
  • 12 Boeing B 777-300
Singapore Airlines pun mendapatkan beberapa penghargaan, di antaranyaService Quality Award dari Center for Customer Satisfaction and Loyalty (CCSSL) dan Marketing Magazine. Selain itu, penghargaan yang diraih lainnya, yaitu Service Quality Diamond Award 2010.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar